Sabtu, 21 Januari 2012

Cikal Bakal Internet

              Tahun 1942, Christopher Colombus dan kru kapalnya mengklaim telah menemukan benua Amerika yang disebutnya 'dunia baru'. hanpir 15 tahun kemudian, tepatnya 1969, dalam 'dunia baru' tersebut ditemukan lagi satu dunia yang tak lain adalah 'dunia maya'. tentu saja si penemu bukan lagi Colombus dan krunya, melainkian para teknisi IT didepartment pertahanan (Dephan) Amerika Serikat.
              Lewat proyek ARPA/ARPANET (Advance Research Project Agency Network), para teknisi yang bermarkas digedung pentagon itu mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, orang bisa melakukan komunikasi dengan jarak yang tak terhinggame melalui saluran telepon. hasil dari proyek inilah yang menjadi cikal bakal internet.
              Mulanya ARPANET, dibentuk untuk keamanan nasional Amerika Serikat (AS) dan hanya menghubungan 4 situs milik Standford Research Institute, Universityn of California Santa Barbara, University of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan tepadu ditahun 1969.
              Setelah itu, ARPANET mulai diperkenalkan secara luas pada Oktober 1972. tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat disejumlah negara bagian hingga menarik minat sejumlah universitas di AS untuk bergabung. hal ini membuat ARPANET kewalahan.
                Sebagai solusi, ARPANET dipecah menjadi 2, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer (keamanan nasional) dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti universitas-universitas. gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA internet, yang kemudian disederhanakan lagi menjadi Internet atau 'Dunia Maya'.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar